Wednesday, February 6, 2019

Good Smile Itu Tak Hanya Gigi Terlihat Indah Tapi Juga Sehat

foto : pixabay.com

Pengalaman saya pertama kali berkunjung ke dokter gigi beberapa tahun silam, menyisakan trauma ketakutan hingga sekarang. Betapa tidak? Pengalaman pertama mempunyai masalah gigi dan langsung mendapatkan treatment dengan pencabutan dua gigi sekaligus karena posisi gigi geraham besar miring dan menekan gigi depannya. Posisi upnormal gigi geraham ini menyebabkan sisa-sisa makanan sulit dijangkau ketika menggosok gigi sehingga munculah karies. Karena itu terpaksa dilakukan tindakan operasi. Akibatnya, gusi menjadi bengkak beberapa hari, boro-boro untuk senyum, untuk membuka mulut, mengunyah dan menelan makanan saja terasa sulit karena sakit.

Masing-masing orang pasti mempunyai pengalaman trauma yang berbeda. Dan trauma inilah yang membuat sebagian besar orang enggan/takut ke dokter gigi. Mungkin jika ada sebuah survey ketakutan kunjungan ke dokter gigi, “trauma pengalaman pertama kali” ini bisa menempati urutan pertama.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2007, penduduk Indonesia yang mempunyai karies (gigi berlubang) aktif mencapai 72,1% (sumber : kompas.com). Sayangnya banyak masyarakat yang masih menganggap sepele masalah ini. Maka tak heran, jika pada umumnya orang terpaksa berkunjung ke dokter gigi ketika sudah mempunyai masalah dengan gigi.

Peranan gigi tak hanya sekedar untuk mengunyah makanan, namun juga mendukung penampilan. Ketika bertemu seseorang, pertama kali yang dimunculkan adalah senyuman sebagai simbol keramahan. Bayangkan jika mempunyai masalah dengan gigi, apakah masih bisa tampil percaya diri? Tak jarang loh, ketika bertemu dengan seseorang dan saat mereka tersenyum atau tertawa akan menutupi mulutnya dengan tangan. 

Bagaimanapun Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati.

Seorang dokter gigi muda, drg Sari yang juga berpraktek di Global Estetik Klinik ini mengatakan bahwa mempunyai gigi sehat dan good smile tentu menjadi keinginan bagi kebanyakan orang. Tidak hanya sekedar dilihat dari segi estetika namun juga faktor kesehatan. Seseorang dikatakan mempunyai good smile jika mempunyai gigi sehat yang bersih, rapi, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada kerusakan.

Sayangnya, sebagian besar orang kurang mendapatkan pemahaman bagaimana merawat gigi dengan baik dan benar. Apalagi kecenderungan masyarakat yang mempunyai tingkat konsumsi karbohidrat dan gula yang tinggi. Makanan tersebut merupakan musuh terbesar gigi karena bakteri pada rongga mulut akan mengubah gula menjadi asam, merusak email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.
Cara menggosok gigi, pemilihan sikat gigi dan waktu yang tepat saat menggosok gigi sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Dan waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.
foto by fauziah


Kenapa Sebelum Tidur?

Rongga mulut manusia dipenuhi oleh ratusan bakteri yang setiap saat dapat menyebabkan masalah. Dan yang bertugas untuk menstabilkan bakteri adalah air ludah. Ketika kita tidur dalam jangka waktu yang lama, bakteri pada rongga mulut akan terus aktif, sedangkan produksi air ludah produksinya semakin berkurang. Maka menggosok gigi sebelum tidur sangatlah penting.

Masih Perlukah ke Dokter Gigi?

Sedini mungkin rajin ke dokter gigi, semakin baik untuk menjaga supaya gigi sehat dan indah, karena kesehatan gigi dan mulut merupakan cerminan kesehatan tubuh. Rajin ke dokter gigi juga akan mencegah pengalaman buruk (trauma) saat mendapatkan perawatan gigi. Karena jika ada masalah pada gigi dapat dilakukan perawatan sedini mungkin dan menghindarkan dari rasa sakit.  
Kunjungan rutin ke dokter gigi sebaiknya juga sudah diterapkan pada usia dini, sehingga anak-anak menjadi terbiasa dan memahami bagaimana menjaga kesehatan gigi dengan baik.

Saatnya SMILE because IT’S BEAUTIFUL DAY

foto by fauziah
Global Estetik adalah salah satu klinik gigi yang selalu berkomitmen dalam memberikan layanan pada pasien dengan mengutamakan kepuasan pasien. Salah satu founder dari Global Estetik, dr Arnof, mengatakan bahwa, Tim Dokter di Global Estetik tidak menciptakan jarak dengan pasien sehingga sangat berpengaruh terhadap psikologis pasien. Mereka dapat berkonsultasi seputar kesehatan gigi dengan familer, fun sehingga jauh dari kesan menakutkan, karena stigma “menakutkan” itu masih terbentuk di sebagian besar masyarakat. Dengan demikian kesan kunjungan pertama kali akan memberikan pengalaman positif dan dengan suka hati pasien kembali berkunjung.

Selain pengalaman treatment, pengalaman saat reservasi juga terkadang membuat seseorang berpikir dua kali untuk melakukan kunjungan. Menunggu daftar antrian panjang memang membosankan. Era digitalisasi seperti saat ini sudah sangat wajar jika ada sebuah klinik yang bisa mempermudah pasien dengan memberikan solusi reservasi online apalagi langsung terintegrasi dengan dokter yang dipilih. Mempermudah system pambayaran dengan memberikan pilihan cash atau card juga memberikan solusi bagi pasien dijaman cashless seperti ini.

Global Estetik menjawab dan memberikan semua kemudahan bagi pasien yang ingin melakukan perawatan gigi seperti : memutihkan gigi, kawat gigi, gigi palsu, gigi veneer dan scalling. Global Estetik juga sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan dan asuransi untuk semakin mempermudah pasien mendapatkan perawatan gigi dengan Tim Dokter yang professional, berkualitas dengan harga yang terjangkau. Global Estetik juga satu-satunya klinik gigi yang transparan mengenai biaya perawatan ujar dr Arnof.

Didirikan sejak tahun 2007 dan hingga kini Global Estetik semakin dikenal masyarakat luas karena Global Estetik lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Hingga saat ini sudah 6 cabang yang tersebar di Jakarta Selatan, Depok, Bandung, Jakarta Timur serta menyusul di Bekasi dan Pekan Baru. Sejak berdiri hingga saat ini terhitung ada sekitar 10.000 pasien yang sudah dilayani oleh Global Estetik.

Dengan tagline disiplin, transparan dan bertanggung jawab Global Estetik memberi jaminan layanan yang cepat dan tepat waktu sehingga permasalahan gigi pasien dapat ditangani secara cepat dan efektif.


No comments:

Post a Comment